Selamat Datang di Blog Sederhana Ini. Blog Ini Membahas Tentang Kebudayaan Yang Ada di Indonesia. Kedepan Kita Juga Membahas Kebudayaan Luar Negeri. Kunjungi Terus Blog Ini. Terima Kasih

Rabu, 13 April 2011

Budaya Lompat Batu di Negeriku

Kabupaten Nias memiliki andalan pariwisata tersendiri selain rumah adat dan Tari perang yaitu Tradisi Lompat Batu atau Fahombo yaitu tradisi yang dilakukan oleh seorang pria yang mengenakan pakaian adat setempat nias dan meloncati susunan batu yang disusun setinggi lebih dari 2 (dua) meter.
Tujuannya adalaha sebagai ajang menguji fisik dan mental para remaja pria di nias menjelang usia dewasa.Setiap lelaki dewasa yang ikut perang wajib lulus ritual lompat batu. Batu yang harus dilompati berupa bangunan mirip tugu piramida dengan permukaan bagian atas datar. Tingginya tak kurang 2 (dua) meter dengan lebar 90 centimeter (cm) dan panjang 60 cm. Para pelompat tidak hanya sekedar harus melintasi tumpukan batu tersebut, tapi ia juga harus memiliki tekhnik seperti saat mendarat, karena jika dia mendarat dengan posisi yang salah dapat menyebabkan cedera otot atau patah tulang.
Tradisi lompat batu sudah dilakukan sejak jaman para leluhur ,di mana pada jaman dahulu sering terajdi perang antar suku sehingga para pemuda yang sudah dewasa melatih diri agar kuat dan mampu menembus benteng lawan yang konon cukup tinggi untuk dilompati.
Seiring berkembangnya jaman, tradisi ini turut berubah fungsinya. Karena jaman sekarang perang  sudah tidak ada lagi maka tradisi lompat batu digunakan bukan untuk perang lagi melainkan untuk panggung hiburan di daerah wisata salah satunya di kabupaten nias selatan dan nias pada umumnya dan juga sebagai simbol budaya orang Nias.
Begitu terkenalnya tradisi lompat batu ini membuat tradisi ini pernah diabadikan pada pecahan uang seribu rupiah pada awal tahun 1990-an dengan gambar seorang pria Nias yang sedang melompati tugu batu.
Sampai sekarang tradisi ini tetap eksis di tengah budaya moderen yang semakin menghimpit. Semoga saja kita dapat melestarikan budaya ini agar menjadi kebanggaan tersendiri untuk bangsa kita.
Sumber : wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons